Sunday, December 21, 2008

SNMPTN 2009

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah kegiatan seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri di tingkat Nasional dengan Pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi Program Studi tertentu. Penyelenggaraan seleksi ini dilaksanakan oleh Panitia SNMPTN dan ditempatkan di kota-kota yang strategis dimana Perguruan Tinggi Negeri berada.
Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama dengan soal yang sama di seluruh PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut.
Proses pengolahan hasil ujian dilakukan dengan menggunakan komputer dan secara nasional. Untuk kelompok program studi IPA atau IPS setiap peserta mempunyai kesempatan memilih maksimal dua program studi, sedangkan untuk kelompok IPC dapat memilih maksimal tiga program studi yang merupakan gabungan kelompok program studi IPA dan IPS. Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas pilihan. Dalam proses pengolahan data hasil ujian, apabila pilihan pertama sudah penuh maka pilihan jatuh pada pilihan kedua, jika pilihan kedua sudah penuh maka pilihan jatuh pada pilihan ketiga. Jumlah calon mahasiswa yang diterima sesuai dengan daya tampung masing-masing program studi, sehingga apabila daya tampungnya sudah terisi penuh maka calon mahasiswa tidak dapat di terima.
Di dalam mengisi Formulir Pendaftaran (PDF) atau Lembar Jawaban Ujian (LJU) hendaknya peserta ujian membaca dengan teliti dan seksama semua petunjuk yang tertera dalam Buku Panduan Peserta dan Naskah Soal Ujian SNMPTN. Setiap kesalahan yang terjadi karena tidak mengikuti petunjuk tersebut akan berakibat tidak terbacanya isian oleh komputer.
Buku Panduan Peserta SNMPTN ini merupakan satu-satunya panduan dalam pengisian formulir pendaftaran maupun Lembar Jawaban Ujian. Segala bentuk petunjuk lain menyangkut SNMPTN yang bertentangan dengan isi buku petunjuk ini dinyatakan tidak benar.
Selamat menempuh Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

  © Online Lesson Colleges by Online Schools 2010

Back to TOP